Senin, 06 Juni 2016

UAS TEORI ORGANISASI & MANAJEMEN PEMERINTAHAN

UAS TEORI ORGANISASI & MANAJEMEN PEMERINTAHAN

Pertanyaan :


1.                   A. Jelaskan Pengertian Organisasi Menurut  John D. Millet & Luter ?
B. Apa Perbedaan Organisasi Formal & Organisasi Informal ?
            2.  Uraikanlah Hubungan Administrasi, Organisasi, Dan Manajenaen ?
            3. Uraikan Ciri – Ciri Teori Dan Fungsi Teori ?
            4.         A. Buatlah Bagan Perbedaan Birokrasi Dan Administrative ?
                        B. Menurut Anda Bagaimana Srategi Mewirausahakan Birokrasi (2 Pendapat) ?
                        C. Sebutkan Karakteristik Good Government ?
            5. Apa Tujuan Dan Pentingnya Organisasi Bagi Anda ?





    

Jawaban :

1. A.  - John D. Millet
Organisasi adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang
diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework within which the work of many individuals is carried on for the realization of common purpose)
-
 B. Organisasi formal vs informal
Organisasi formal ialah suatu organisasi yang memiliki struktur yang jelas, pembagian tugas yang  jelas, serta tujuan yang ditetapkan secara jelas.  Organisasi informal akan timbul apabila anggota organisasi formal merasa keinginannya tidak terpenuhi oleh organisasi formal.  Hubungan organisasi formal dengan organisasi informal bersifat berbanding terbalik “semakin tinggi tingkat kepuasan pegawai, maka semakin kecil kemungkinan munculnya atau terbentuknya organisasi informal.

2. Hubungan administrasi, organisasi, dan manajemen

a)      Dalam melaksanakan administrasi, seorang administratur dibantu oleh orang-orang yang bekerjasama dalam menjalankan tugas-tugas dan tugas-tugas tersebut harus diselaraskan dan dipadukan agar mengarah pada tujuan yang ingin dicapai.

b)      Kerjasama orang-orang dalam mencapai tujuan, perlu disusun dan diatur, dan untuk itu administrasi memerlukan organisasi.
c)      Karena dalam admnistrasi yang dihadapi adalah orang-orang yang berkerjasama dengan akal dan perasaannya dengan menggunakan alat-alat dan materi lainnya, maka orang-orang perlu digerakkan menuju sasaran yang akan dicapai, untuk itu diperlukan manajemen.

d)     Dari uraian di atas, maka administrasi modern dapat diartikan secara luas yaitu meliputi organisasi dan manajemen.

3. -Ciri-ciri teori:
1.       Terdiri atas seperangkat proposisi (proposisi=pernyataan tentang hubungan antara dua konsep atau lebih) yang saling berkaitan;
2.       Masing-masing proposisi atau defenisi atau konsef saling menerangkan (sehingga diperoleh gambaran yang bulat dan utuh tentang suatu peristiwa);
3.       Beberapa diantaranya dapat diuji secara empiris (metodologi penelitian).

Contoh teori: Apabila seseorang diberi stimulus, maka ia akan memberikan reaksi dengan cara tertentu (stimulus dan reaksi adalah dua konsep yang dihubungkan menjadi satu proposisi);  Konsep hukuman dan perilaku (apabila anak diberi hukuman, maka perilakunya akan berubah ke arah yang positif=proposisi

4. B. Srategi MewiraUsahakan Birokrasi
  1. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus lebih menjadi pengarah daripada menjadi pelaksana. Misalnya adalah bekerjasama dengan pihak swasta dalam melakukan pemungutan pajak, akan tetapi penentuan Wajib Pajak dan besarnya pungutan pajak tetap dilakukan oleh pemerintah.
  2. Pemerintah sebagai milik masyarakat harus lebih memberdayakan masyarakat ketimbang terus-menerus melayani masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan menghimbau masyarakat agar mampu mengurus keamanan lingkungannya sendiri.
  C. Karakteristik Good Governance
(Menurut UNDP)

1. Particifation (keterlibatan masyarakat),
2. Rule of law (penegakan hukum yang adil);
3. Transprancy (kebebasan memperoleh informasi);
4. Responsiveness (cepat dan tanggap);
5. Consensus Orientation (berorientasi pada kepentingan masyarakat);
6. Equity (kesempatan yang sama);
7. Efficiency and effectiveness (efisiensi dan efektivitas);
8. Accountability (pertanggungjawaban publik);
9. Strategic vision (visi ke depan).


5. Tujuan Organisasi …Menurut Saya !!!
Menurut saya organisasi sangat baik untuk saya, karena dari organisasi 
1. Saya dapat Dapat Menambah Teman
Denganbergabung dalam suatu organisasi, kita akan bertambah kenalan. Yang temansaya hanya satu prodi. Nanti bisa bertambah menjadi satu universitas,
2. Dengan Berorganisasi, Menyalurkan Minat, Mengasah Bakat
Misalnya : Melatih Berpidato, Memimpin Rapat  DLL..
3. Dengan Berorganisasi, Dapat Melatih mental SAYA
Misalnya : Berbicara Di Depan Banyak Orang.
4. Dengan Berorganisasi, Kita Dpat Memecahkan Persoalan Dalam Masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar