UAS TEORI ORGANISASI & MANAJEMEN PEMERINTAHAN
Pertanyaan :
Jawaban :
4. B. Srategi MewiraUsahakan Birokrasi
C. Karakteristik
Good Governance
5. Tujuan Organisasi …Menurut Saya !!!
Menurut saya organisasi sangat baik untuk saya, karena dari organisasi
Pertanyaan :
1.
A. Jelaskan Pengertian Organisasi Menurut John D.
Millet & Luter ?
B. Apa Perbedaan Organisasi Formal & Organisasi Informal
?
2. Uraikanlah
Hubungan Administrasi, Organisasi, Dan Manajenaen ?
3. Uraikan Ciri – Ciri Teori Dan Fungsi Teori
?
4. A.
Buatlah Bagan Perbedaan Birokrasi Dan Administrative ?
B.
Menurut Anda Bagaimana Srategi Mewirausahakan Birokrasi (2 Pendapat) ?
C.
Sebutkan Karakteristik Good Government ?
5. Apa Tujuan Dan Pentingnya Organisasi Bagi Anda ?
1. A. - John D. Millet
Organisasi
adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang
diselenggarakan
untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework
within which the work of many individuals is carried on for the realization of
common purpose).
-
-
B. Organisasi formal vs informal
Organisasi formal ialah suatu organisasi
yang memiliki struktur yang jelas, pembagian tugas yang jelas, serta tujuan yang ditetapkan secara
jelas. Organisasi informal akan timbul
apabila anggota organisasi formal merasa keinginannya tidak terpenuhi oleh
organisasi formal. Hubungan organisasi
formal dengan organisasi informal bersifat berbanding terbalik “semakin tinggi
tingkat kepuasan pegawai, maka semakin kecil kemungkinan munculnya atau
terbentuknya organisasi informal.
2. Hubungan
administrasi, organisasi, dan manajemen
a) Dalam melaksanakan administrasi, seorang
administratur dibantu oleh orang-orang yang bekerjasama dalam menjalankan
tugas-tugas dan tugas-tugas tersebut harus diselaraskan dan dipadukan agar
mengarah pada tujuan yang ingin dicapai.
b) Kerjasama orang-orang dalam mencapai tujuan, perlu
disusun dan diatur, dan untuk itu administrasi memerlukan organisasi.
c) Karena dalam admnistrasi yang dihadapi adalah
orang-orang yang berkerjasama dengan akal dan perasaannya dengan menggunakan
alat-alat dan materi lainnya, maka orang-orang perlu digerakkan menuju sasaran
yang akan dicapai, untuk itu diperlukan manajemen.
d) Dari uraian di atas, maka administrasi modern dapat
diartikan secara luas yaitu meliputi organisasi dan manajemen.
3. -Ciri-ciri teori:
1.
Terdiri
atas seperangkat proposisi (proposisi=pernyataan tentang hubungan antara dua
konsep atau lebih) yang saling berkaitan;
2.
Masing-masing
proposisi atau defenisi atau konsef saling menerangkan (sehingga diperoleh
gambaran yang bulat dan utuh tentang suatu peristiwa);
3.
Beberapa
diantaranya dapat diuji secara empiris (metodologi penelitian).
Contoh teori:
Apabila seseorang diberi stimulus, maka ia akan memberikan reaksi dengan cara
tertentu (stimulus dan reaksi adalah dua konsep yang
dihubungkan menjadi satu proposisi);
Konsep hukuman dan perilaku (apabila anak diberi hukuman, maka
perilakunya akan berubah ke arah yang positif=proposisi
4. B. Srategi MewiraUsahakan Birokrasi
- Pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus lebih menjadi pengarah daripada menjadi pelaksana. Misalnya adalah bekerjasama dengan pihak swasta dalam melakukan pemungutan pajak, akan tetapi penentuan Wajib Pajak dan besarnya pungutan pajak tetap dilakukan oleh pemerintah.
- Pemerintah sebagai milik masyarakat harus lebih memberdayakan masyarakat ketimbang terus-menerus melayani masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan menghimbau masyarakat agar mampu mengurus keamanan lingkungannya sendiri.
(Menurut UNDP)
1. Particifation (keterlibatan masyarakat),
2. Rule of law
(penegakan hukum yang adil);
3. Transprancy
(kebebasan memperoleh informasi);
4.
Responsiveness (cepat dan tanggap);
5. Consensus
Orientation (berorientasi pada kepentingan masyarakat);
6. Equity
(kesempatan yang sama);
7. Efficiency
and effectiveness (efisiensi dan efektivitas);
8.
Accountability (pertanggungjawaban publik);
9. Strategic
vision (visi ke depan).
5. Tujuan Organisasi …Menurut Saya !!!
1. Saya dapat Dapat Menambah Teman
Denganbergabung
dalam suatu organisasi, kita akan bertambah kenalan. Yang temansaya
hanya satu prodi. Nanti bisa bertambah menjadi satu universitas,
2. Dengan Berorganisasi, Menyalurkan Minat, Mengasah Bakat
Misalnya : Melatih Berpidato, Memimpin Rapat DLL..
3. Dengan Berorganisasi, Dapat Melatih mental SAYA
Misalnya : Berbicara Di Depan Banyak Orang.
4. Dengan Berorganisasi, Kita Dpat Memecahkan Persoalan Dalam Masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar