Kamis, 02 Maret 2017

KEINDAHAN PANTAI INA BURAK ADONARA (NTT)

KEINDAHAN PANTAI INA BURAK ADONARA (NTT)

By : Manfred Nabuasa.



Bukan hanya Lombok dan Bali saja yang terkenal dengan keindahan pantainya. Nusa Tenggara Timur juga mempunyai pantai yang tidak kalah cantik dan indah dari daerah lain yang ada di Indonesia yaitu pantai INA BURAK DI Kecamatan ADONARA, Kabupaten Flores Timur


Bagi anda yang berkunjung ke NTT jangan lupa mampir ke pantai INA BURAK. Pantai cantik nan eksotis ini akan membuat anda terpukau dengan keindahan pantainya, biru dan jernihnya air laut, serta putih bersihnya pasir pantai membuat kita terpukau dengan keindahan alamnya.
                                                                                   
        



Si Putih-Ina Burak. 







Ina Burak artinya nona putih. Pantai ini berada di Desa Lewokeleng, atau sekitar setengah jam dari Kota Waiwerang. Sesuai dengan namanya, pantai sangat cantik dan berpasir begitu putih. Begitu kontras dengan bebatuan karang berwarna hitam pekat. Sementara air lautnya, turut menambah pesona warna dengan gradasi hijau tosca, biru muda, hingga biru tua.







            

 Pantai Ina Burak menampilkan dua wajah kontras. Sisi kiri adalah hamparan pasir putih sejauh kira-kira 300 meter yang dibatasi oleh tebing karang tinggi. Sisi kanan adalah hamparan batu karang dengan berbagai bentuk dan berwarna hitam pekat. Di antaranya sangat licin dan tajam sehingga harus hati-hati dalam melangkah. Ada sebuah karang agak ke tengah dan menyembul seperti kepala lumba-lumba yang sedang membuka mulutnya dengan sedikit sirip ekor di atas laut. Ada beberapa gubug beratap jerami yang bisa digunakan secara bebas untuk berteduh.
Anda akan dimanjakan dengan pasir putih yang membentang hingga tujuh kilometer. Sungguh ciptaan Tuhan yang rugi bila tidak dinikmati.
Biaya retribusi masuk adalah Rp. 2000,- per sepeda motor. Hari minggu biasanya pantai ini penuh dikunjungi, karna itu jika ingin kencan dengan pasir putih dan suara ombaknya saja datanglah pada hari kerja,,,pantai ini akan sepi dan keindahannya makin mempesona.
Pantai Ina Burak terletak dibawah gunung boleng yang menjulang tinggi sekitar 1.700m di atas permukaan laut. Cuaca yang cukup ekstrim di NTT juga sangat berpengaruh pada tinggi dan besarnya gelombang di pantai ini.

Jujur Dari Penulis Sendiri,,, Penulis Berpikir bahwa Pantai Ina Burak Ini Merupakan Sebuah Pantai Yang Cocok Untuk Para Pengunjung sekalian Menaruh Dlam Daftar Sebagai Salah-Satu Tempat Yang Pas Dan Cocok Untuk Menikmati Dan Menghabiskan Waktu Liburan Maupun Waktu Bersantai Para Pengunjung Sekalian...
Jernihnya air laut, semilirnya ombak, serta sepoi - sepoinya angin pantai akan membuat anda betah dan merasa nyaman ketika berada di pantai ini, serta ditambah lagi dengan hamparan pasir  pantai yang begitu putih dan halus membuat pantai ini semakin menarik.
  
                

      


Karena di Pantai Ina Burak Ini Selain Pantai Nya Yang Di Kelilingi Oleh Pasir Yang Putih, biru dan jernihnya air laut ... Di Pantai Ini Juga Terdapat Angin Yang Tiada Henti Meniup Para Penunjung Sekalian Secara Sepoi-Sepoi, Dan Secara Spontan Angin Ini Bertiup Seakan-Akan Para Pengunjung Sekalian Berkayal, Serasa Ingin Terbang di Udara (Yuppp).
 

Oleh Karena Itu,  jika anda bepergian liburan ke NTT flores  cobalah menyempatkan diri menikmati alam nya ujung flores timur kuhususnya di pulau adonara,,, 
disini anda bisa melihat betapa sejuknya udara dan panorama alam pantainya.. batu karang dan terbentangnya hamparan pasir putih yang bisa anda rasakan sendiri ditempat ini..

ya, di adonara terdapat Pantai yang Luar Biasa Indahnya yaitu Pantai Ina Burak...
jadi mungkin ini pilihan tempat anda yang bisa memanjakan diri dari masalah....


Di tunggu kedatangan anda...

ViDeo :


3 komentar:

  1. pantai yang indah..
    btw, foto paling atas itu foto saya (ada watermark-nya: @Simon).. itu foto di pantai Watotena, sebelahnya pantai Ina Burak...
    Salam.... ;)
    (Simon-Larantuka)

    BalasHapus
  2. Luar biasa Panorama pantainya...semoga Pemda dan Pemdes bersinergi untuk menatanya menjadi KUTA-Bali...nya Adonara-Flores Timur, Salam Gelekat Lewo.
    Yeremias Payong Kuma, KPPN - Ende - Jln. Kelimutu No.53 Ende - Flores.

    BalasHapus
  3. Pantai yang sangat indah (Ina Burak)
    Mohon diperhatikan bahwa ada foto yang bukan merupakan pntai ina burak,
    Kemudian pantai itu terletak di kecamatan Ile Boleng ,bukan kecamatan Adonara .Mohon diperhatikan.

    BalasHapus