Sabtu, 27 Oktober 2018

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui


https://www.facebook.com/manfred.nabuasahttps://www.instagram.com/manfred_nabuasa/https://twitter.com/manfrednabuasa?lang=en

Sabtu, 27 Oktober 2018, 15:00 WIB

  ⧫ 
  ⧫
  ⧫
Blogspot.com - Sebagian Orang Masih Takut Dalam Melakukan Donor Darah Karena Banyak Dari Mereka Yang Belum Tau Tentang Manfaat Dari Donor Darah Tersebut.


Donor Darah Ialah : Sebuah Tindakan Atau Aktivitas Dimana Kita Merelakan  Darah Kita Untuk Di Ambil Secara Sukarela Atau Percuma Di Dalam Tubuh Kita.

Aktivitas Donor Darah Dipandang Sebagai Kegiatan Positif & Mulia Yang Mampu Menolong Sesama. Dengan Melakukan Donor Darah, Kita Memberikan Sedikit Darah Dari Dalam Tubuh Agar Dapat Dimanfaatkan Guna Membantu Orang Lain.

Sekitar 480 Ml Darah Diambil Dari Dalam Tubuh Ketika Kamu Melakukan Donor Darah. Setelah Diperiksa Dan Diuji Keamanan Serta Kelayakannnya, Darah Tersebut Kemudian Akan Diberikan Kepada Pasien Yang Membutuhkan.
   
Donor Darah Nyatanya Tak Hanya Bermanfaat Bagi Sang Penerima Semata. Sang Pendonor Pun Mendapat Manfaat Yang Luar Biasa Dari Melakukan Donor Darah Secara Rutin. Setidaknya Hal Tersebut Telah Terbukti Secara Medis Dan Disetujui Oleh Banyak Ahli. Hasil Penelitian Membuktikan, Pendonor Darah Nantinya Akan Merasakan Kualitas Hidup Yang Meningkat Dari Sebelumnya. Tak Hanya Itu, Beberapa Manfaat Donor Darah Pun Baik Bagi Kecantikan.

Terdapat Jutaan Orang Yang Membutuhkan Transfusi Darah Pada Tiap Tahunnya Dan Tidak Ada Yang Bisa Menggantikan Darah Manusia. Karena Itu, Menjadi Pendonor Darah Adalah Cara Terbaik Untuk Membantu Menyelamatkan Mereka.


** Donor Darah Memungkinkan Kita Untuk Membagi Sedikit Darah Dari Tubuh Guna Membantu Mereka Yang Membutuhkannya.

-    Manfaat Donor Darah Bagi Penerima (Resipien)


Sejumlah Kondisi Yang Umumnya Membutuhkan Bantuan Donor Darah Meliputi:
  • Pasien Penderita Demam Berdarah
  • Menjalani Operasi Besar (Misalnya Transplantasi Organ).
  • Korban Kecelakaan Yang Mengalami Kehilangan Darah Dalam Jumlah Banyak
  • Mengidap Kelainan Darah, Seperti Hemofilia.
  • Menderita Penyakit Leukemia 
  • Penyakit Anemia 
  • Penderita Talasemia Mayor 
  • Pendarahan Besar Yang Terjadi Pada Saat Melahirkan Oleh Sebagian Besar Wanita Indonesia
    
         Donor Darah Tidak Hanya Memberikan Manfaat Kepada Para Penerima Darah. Tetapi Juga Kepada Para Pemberinya. Berikut Beberapa Manfaat Donor Darah Yang Bisa Dirasakan Jika Kamu Menyumbangkan Darah:







**Menyelamatkan Nyawa Orang Lain**

Donor Darah Akan Sangat Membantu Menyelamatkan Nyawa Orang Lain Yang Membutuhkan Donor, Terlebih Yang Sedang Sekarat Serta Membutuhkan Operasi Mendadak. Sangat Penting Untuk Beramal Dan Beribadah Untuk Menambah Pahala Dunia Dan Akhirat.

**Selain Bermanfaat Bagi Penerima, Nyatanya Donor Darah Pun Memberikan Keuntungan Bagi Para Pendonor. Setidaknya Ada Beberapa Manfaat Yang Acapkali Dirasakan Oleh Para Pendonor.
-          Manfaat Donor Darah Bukan Hanya Akan Dirasakan Oleh Orang-Orang Yang Menerimanya. Tetapi Juga Berkhasiat Untuk Mereka Yang Memberikannya.
Berikut Adalah Manfaat Dari Kita Melakukan Donor Darah : 

1. Merawat Organ Hati
Seperti Yang Dijelaskan Sebelumnya, Kelebihan Zat Besi Juga Dapat Mengakibatkan Gangguan Kesehatan Pada Organ Hati. Penelitian Menemukan Bahwa Penyakit Seperti Hepatitis C Dan Penyakit Hati Lainnya Dapat Disebabkan Zat Besi Yang Berlebih Di Dalam Tubuh

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Donor Darah Yang Kedua Adalah Membantu Memperlancar Aliran Darah Hingga Mencegah Penyumbatan Arteri. American Journal Of Epidemology Membeberkan Hasil Ilmiah Dari Hal Tersebut. Penelitian Membuktikan Bahwa Pendonor Darah Aktif Cenderung Beresiko Rendah Mengalami Penyakit Jantung. Pendonor Darah Memiliki Resiko 88% Lebih Rendah Terkena Serangan Atau Penyakit Jantung. Tak Hanya Itu, Mereka Pun Mengurangi Resiko Hingga 33% Menderita Penyakit Kardiovaskular Lainnya. Sebuah Studi Berhasil Menunjukkan Bahwa Rutin Melakukan Kegiatan Donor Darah Terkait Dengan Menurunnya Risiko Gangguan Otot Jantung (Infark Miokardia) Pada Pria. 



3. Meningkatkan Fungsi Antioksidan

Sebuah riset mengungkapkan, bahwa manfaat donor darah secara teratur berperan penting dalam meningkatkan fungsi kerja antioksidan pada tubuh. Seperti yang diketahui, bahwa antioksidan memiliki manfaat sangat penting karena dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga dapat menjaga kesehatan serta kecantikan. 

4. Menurunkan Risiko Kanker

Risiko Terserang Penyakit Mematikan Bernama Kanker. Pada Pendonor Darah Dalam  Menyumbangkan Darah Secara Rutin Dapat Mengurangi Risiko Kanker. Hal Ini Dikarenakan Tubuh Selalu Melakukan Penggantian Sel Darah Baru Secara Rutin, Yang Tentunya Lebih Bagus Dan Berkualitas..
Sebuah Studi Tahun 2008 Menemukan Penurunan Kecil Dalam Risiko Kanker Tertentu Pada Orang Yang Secara Teratur Menyumbangkan Darah. Ini Termasuk Kanker Yang Terkait Dengan Tingkat Zat Besi Yang Tinggi, Termasuk Kanker:
  • Hati
  • Usus Besar
  • Paru-Paru
  • Kerongkongan
  • Perut
Baca Juga Pisma 2 Unwira 2018

5. Meningkatkan Kinerja Ginjal


Ginjal merupakan salah satu komponen organ tubuh yang memiliki peran penting. Terganggunya kerja ginjal dapat memberikan efek samping bagi kesehatan seseorang. Untuk mecegah terjadinya hal tersebut, maka rajinlah mendonorkan darah . Selain dapat membantu orang yang memang sedang membutuhkan, kegiatan ini juga akan meningkatkan kinerja dan fungsi ginjal. 




6. Mendeteksi Penyakit & Mendapat Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis

Ketika Anda Melakukan Donor Darah, Maka Sample Darah Yang Anda Miliki Akan Diperiksa Di Laboratorium. Hal Ini Guna Mengetahui Apakah Anda Mengalami Penyakit Tertentu Atau Tidak. Cara Ini Bisa Pula Digunakan Untuk Mendeteksi Penyakit Prosedur Standar Sebelum Mendonorkan Darah Adalah, Darah Anda Akan Diperiksa Dari Berbagai Macam Penyakit, Seperti Hiv, Hepatitis B, Hepatitis C, Malaria Dan Masih Banyak Lagi Yang Lainnya. Sangat Penting Untuk Mengantisipasi Penularan Penyakit Melalui Tranfusi Darah. Sisi Baik Bagi Si Pendonor Adalah Informasi Kesehatan Dapat Langsung Diterima Saat Mendonorkan Darah. 

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Melakukan Donor Darah Secara Rutin Dapat Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah Sehingga Penyumbatan Pada Pembuluh Arteri Dapat Dihindari. Itu Sebabnya, Mendonorkan Darah Dengan Teratur Sebenarnya Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah.
Menurut Blood Flow Online, Menyumbangkan Darah Secara Teratur Dapat Membantu Mengurangi Kekentalan Darah, Sehingga Memungkinkan Darah Mengalir Lebih Mudah Melalui Pembuluh Darah Dan Mencapai Jantung Dengan Lebih Cepat.

8. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah


Manfaat Donor Darah Selanjutnya Adalah Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah Mendonorkan Darah Akan Mengurangi Jumlah Sel Darah Merah Yang Ada Dalam Tubuh Pendonor. Jika Sel Eritrosit Berkurang Ini Akan Merangsang Sumsum Tulang Belakang Untuk Menggantikannya Dengan Memproduksi Sel-Sel Darah Merah Yang Baru. 

Sel-Sel Darah Merah Baru Umumnya Akan Terbentuk Dalam Waktu Beberapa Minggu. Berarti Rutin Menyumbangkan Darah Akan Memicu Pembentukan Darah Baru Yang Segar. Proses Ini Akan Sekaligus Menyehatkan Pendonor. 


9. Mencegah Penuaan Dini

Stress Menjadi Salah Satu Pemicu Terjadinya Penuaan Dini Pada Seorang Wanita. Tak Ada Seorang Wanita Pun Yang Ingin Terlihat Tua Dan Keriput Di Wajah. Donor Darah Secara Teratur Akan Membantu Kulit Anda Beregenerasi Secara Sempurna. Keriput Pun Tidak Mudah Timbul Karena Kulit Yang Selalu Mengencang. Tak Perlu Mahal-Mahal Melakukan Perawatan Kecantikan Di Pusat Kecantikan, Anda Pun Bisa Mendapatkannya 

10. Membantu Menurunkan Kadar Zat Besi Dalam Darah


Iron Adalah Zat Besi Yang Terdapat Di Dalam Sirkulasi Darah Setiap Orang. Setiap Kali Seseorang Melakukan Donor Darah, Kegiatan Ini Terbukti Menurunkan Level Iron Di Dalam Tubuh. Penurunan Zat Besi Berarti Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung Atau Kardiovaskular Lainnya.

  Manfaat Zat Besi Diketahui Mempercepat Proses Oksidasi Kolesterol Di Dalam Tubuh Manusia. Hal Inilah Yang Berdampak Tidak Baik Bagi Arteri Dan Berdampak Terjadinya Aterosklerosis. Darah Akan Membantumu Menurunkan Kandungan Zat Besi Yang Berlebih.

Kandungan Zat Besi Yang Normal Akan Menjaga Kesehatan Organ Tubuh, Terutama Jantung Dan Hati. Risiko Penyakit Jantung Dan Hati Pun Otomatis Akan Berkurang. 


11. Menurunkan Kadar Seng Dalam Darah

Kelebihan zat seng dalam darah akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada seseorang. Selain dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, kondisi ini juga dapat ditanggulangi dengan mendonorkan darah. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu manfaat donor darah adalah dapat membantu mengurangi kadar jumlah seng yang terlanjur masuk ke tubuh. 

12. Menjadi Lansia Yang Sehat

Banyak Orang Tua Yang Memiliki Kesehatan Cukup Baik Dan Prima Di Usianya Yang Telah Lanjut Tersebut. Ini Sebabkan Karena Mereka Senantiasa Menyumbangkan Darahnya Sejak Muda Sampai Merekatua. 

13. Membakar Kalori Secara Teratur & Menurunkan Berat Badan

Banyak Wanita Yang Ingin Memiliki Tubuh Ideal, Namun Sulit Melakukan Diet. Mengingat Begitu Banyak Diet Ekstrim Yang Malah Berakibat Fatal, Cobalah Melakukan Donor Darah. Setiap Kali Melakukan Donor Darah (500 Ml), Anda Akan Membakar 650 Kalori Di Dalam Tubuh. University Of California Mengatakan Bahwa Seseorang Yang Rutin Menyumbangkan Darah Akan Kehilangan Bobot Tubuh Sesuai Yang Diinginkan. Bila Berat Tubuh Ideal, Pastinya Kulit Anda Pun Akan Terlihat Kencang Seketika. Namun, Jangan Sesekali Menjadikan Donor Darah Sebagai Program Penurunan Berat Badan. 

14. Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. 

15. Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Psikologis

Memberikan Sesuatu Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain, Pastilah Akan Memberikan Kepuasan Psikoligis Tersendiri.  Sebuah Penelitian Mengatakan, Jika Orang Usia Lanjut Dan Rutin Menjadi Pendonor Darah Bisa Merasakan Hidup Lebih Berenergi Dan Bugar. Setiap Pendonor Pastinya Akan Merasakan Dampak Yang Menyehatkan Bagi Pikiran Mereka. Pasalnya Mereka Akan Lebih Berpikiran Jernih Dan Stabil Dalam Menyikapi Berbagai Masalah. Di Samping Itu, Banyak Pendonor Yang Merasakan Kemampuan Mereka Menekan Tingkat Stress Semakin Membaik. Hal Tersebut Pastinya Berdampak Pada Kemampuan Bersosialisasi Dengan 

16. Memperpanjang Usia

Ternyata, Manfaat Donor Darah Tidak Hanya Memberikan Kesehatan Fisik, Batin Kita Pun Menerima Manfaatnya. Berbuat Baik Membuat Kita Hidup Lebih Lama. Menurut Satu Penelitian, Umur Orang Yang Suka Menolong Dan Tidak Mementingkan Diri Sendiri Akan Bertambah Empat Tahun.


 Yup , itu dia manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh. Apakah Anda berminat mendonorkan darah, Teman Sehat?

Konsistensi Melakukan Donor Darah Harus Tetap Dipertahankan, Mengingat Tubuh Akan Selalu Merasakan Manfaatnya. Untuk Seorang Pria, Lakukanlah Donor Darah Setiap 3 Bulan Sekali, Sedangkan Untuk Wanita, Anda Bisa Melakukannya 4 Bulan Sekali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar